Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya

8 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya. Di Indonesia banyak sekali tanaman obat yang bisa kita dapatkan dengan gampang. Padahal biasannya tanaman tersebut sering kali kita lihat di sekitar kita, namun ada kalanya kita tidak tahu tentang khasiat dari tanaman tersebut. Nah ini ada beberapa tanaman obat yang mungkin kalian pernah lihat sebelumnya tetapi belum tahu manfaat atau khasiat dari tanaman tersebut. Mari kita simak baik baik.

1. Daun Beluntas


Daun Beluntas memang sudah dikenal oleh banyak orang, namun hanya sedikit yang mengetahui manfaat dari tanaman beluntas ini. Tanaman ini mempunyai banyak cabang dan daun ini sering dijadikan sebagai pagar taman yang indah.

Untuk mengatasi bau badan, pegel linu, bau mulut, mengobati keputihan, rematik, perut kembung, dan juga mengilangkan nyeri pinggang, itulah beberapa manfaat dari daun beluntas. Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari tanaman yang satu ini.

2. Tanaman Obat Sambiloto


Tanaman Sambiloto adalah tanaman herbal yang sudah digunakan dari sejak dulu untuk mengobati berbegai penyakit. Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Green chiretta dan tanaman ini berasal dari India juga Srilangka. Sekarang tanaman ini tumbuh subur di berbagai daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara di Benua Amerika.

Daun sambiloto bisa di manfaatkan untuk obat untuk menurunkan panas badan, memperlancar air seni, obat sakit perut, dan untuk mengobati kencing manis. Pada sebuah penelitian menyimpulkan bahwaair hasil rebusan daun sambiloto bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

3. Daun Dewa


Apakah anda pernah mendengar tanaman daun dewa? Bukan daun yang khusus untuk para dewa ya, namun daun dewa adalah salah satu tanaman apotik hidup yang banyak digunakan untuk obat herbal. Tanaman ini biasa tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 200-800 di atas permukaan laut. Masyarakat Jawa biasa menyebut tanaman ini dengan sebutan daun sambung nyowo (daun penyambung nyawa).

Daun sambung nyowo ini memang memiliki beragam manfaat salah yaitu salah satunya untuk mengobati penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun ini adalah kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes militus, dan pendarahan. Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka memar, membersihkan racun, serta berbagai manfaat lainnya.

4. Daun Cincau


Tentu anda sudah tidak asing dengan tanaman cincau? Betul, tanaman yang sering diolah menjadi cendol ini memiliki berbgai manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat.

Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Sungguh luar biasanya bukan? Mungkin inilah tanaman obat yang memiliki rasa yang lezat, hehehe.

5. Tanaman Obat Ajeran


Tanaman ajreran memang mudah ditemukan di sekitar kita. Banyak orang yang tidak akan menyangka kalau tanaman ajeran ini dapat digunakan untuk obat alami. Tanaman ajeran merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di sekitar kebun dan pagar.

Nama latin  dari tanaman ajeran ini adalah Bidens pilosa L dan  masih satu kerabat dengan tanaman jenis  Labiatae. Di masing masing daerah tanaman ini mempunyai nama yang berbeda-beda, di Jawa dikenal dengan nama ketul, Sunda : Ajeran Malaysia : Kancing Baju dll.

Manfaat dau ajeran salah satunya yaitu untuk menurunkan demam, caranya dengan cara merebus dan meminum air rebusannya, selain itu bisa juga digunakan untuk mencuci mata, caranya dengan merebus dan kemudian tunggu sampai air rebusan dingin baru digunakan untuk mencuci mata.

6. Akar Alang-alang


Akar alang alang sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan membuat obat tradisional. Tanaman alang alang banyak menjadi gulma untuk tanaman pertanian. Maka dari itu banyak petani yang memusnahkannya dengan menggunakan zat kimia.

Untuk mengobati panas dalam, sakit ginjal, mimisan, kencing batu, keputihan bisa menggunakan manfaat dari tanaman alang alang ini. Kamu juga bisa menggabungkan tanaman ini dengan tanaman obat lainnya sehingga menciptakan obat yang ampuh untuk menghilangkan penyakit.

7. Tanaman Akar Wangi


Tanaman akar wangi sudah terbukti bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di juluki akar wangi karena akar tanaman ini biasa digunakan sebagai sumber wangi-wangian. Aroma wangi tersebut didapatkan dari zat atsiri yang terkandung di dalam akar tanaman ini.
Bukan hanya akarnya saja, bagian batang dan daun dari tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini mengandung vetiveron, asam vetivena, vetiverol, dan vetiverol ester yang sangat baik untuk tubuh. Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati rematik, pegel linu, batu ginjal, panas demam, serta bisa digunakan untuk mengobati bau mulut dan bau badan.

8. Tanaman Akar Manis


Akar manis mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Nama latin dari akar manis adalah Glycyrrhiza Glabra L dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Baca Juga : Inilah 7 Tanaman Obat Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan tanaman obat ini, kita masih harus import dari luar negeri, karena di Indonesia belum ada yang membudidayakan tanaman obat seperti ini. Dari hasil penelitian, di dalam akar manis terkandung  beberapa zat diantaranya Glikosida Likuiritin, Glisirhisin, Umbeliferona, Saponin, Glukosa, Asparagin, dan Glabrolida. Khasiat dari akar manis ini bisa untuk mengobati penyakit tukak lambung, penyakit darah tinggi, dan penyakit batuk.

Dari beberapa tanaman obat di atas, mungkin ada sebagian dari tanaman tersebut yang pernah anda lihat bukan? atau mungkin bahkan sudah pernah mencoba khasiatnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "8 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya"