Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan. Daun kelor walaupun bentuknya kecil namun daun ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun kelor memiliki kandungan yang banyak oleh karena itu banyak para peneliti menyebutnya dengan pohon ajaib atau Miracle Tree.


Tanaman kelor juga sering di sebut sebagai Moringa oleifera dan masuk dalam kategori tumbuhan suku Moringaceae. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk lonjong dan mempunyai ukuran yang kecil dan tersusun dengan rapi pada tangkainya.tanaman ini biasanya di oleh sebagai sayaur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. Tinggi dari tanaman ini berkisar antara 7 sampai dengan 15 meter dan juga mempunyai bunga yang berwarna putih kekuning kuningan serta mempunyai bau yang semerbak.tanaman ini memiliki buah yang biasa di sebut kelentang, biasanya di masak sebagai sayur.

Penelitian dari tanaman ini di mulai dari daun,kulit batang,buah kemudian bijinya. Prnrlitian ini di mulai dari tahun 1980 dan negara yang mayoritas menanam tanamin kelor adalah negara Somalia,sudan,etiopia,karena tanaman ini merupakan bagian dari kehidupan sehari hari yang berfungsi sebagai sayuran dan juga menjaga kesehatan. Tanaman ini juga di perjual belikan. Manfaat tanaman kelor juga untuk menjaga tanah agar tidak longsor, karena air dari hujan dapat di tahan oleh akar tanaman ini.


WHO sebagai organisasi kesehatan di dunia menganjurkan anak anak dan bayi yang sedang dalam pertumbuhan mengkonsumsi tanaman ini, karena tanaman ini memiliki manfaat yang sangat baik karena mengandung :

1. potassium 3 kali lipat di banding dengan pisang
2. mengandung kalsium 4 kali lipat di banding susu
3. mengandung vitamin c 7 kali lipat di banding jeruk
4. mengandung vitamin e 4 kali lipat di banding wortel
5. dan memiliki 2 kali lipat protein di banding susu

WHO inilah yang menamai tanaman kelor sebagai miracle tree setelah mereka melakukan penelitian dan tau akan manfaat tanaman ini yang juga sebagai penjaga kesehatan yang bisa di dapatkan dengan harga murah selama 40 tahun di negara negara miskin di dunia.

Beberapa manfaat daun kelor

1. Mengatasi Alergi


 Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi alergi.caranya dengan merebus tiga gagang, kemudian campurkan adas pulasari secukupnya,dan ditambah satu siung bawang merah, lalu tambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

2. Mengobati Herpes

Daun kelor juga dapat mengatasi kurap dan luka bernanah, caranya dengan menumbuk tujuh gagang daun kelor sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

3. Mengobati Sakit mata


Daun kelor juga bermanfaat untuk mengobati sakit mata, dengan  mengambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan tambahkan air satu gelas, dan kemudian aduk sampai rata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya sebagai obat tetes mata.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
                     Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita     


4. Manfaat daun kelor untuk Rematik

Daun kelor juga mempunyai manfaat untuk mengatasi pegal linu, nyeri. Caranya dengan mengambil dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan lalu di tumbuk sampai halus, kemudian setelah halus gosokkan pada bagian tubuh yang sakit sebagai param.

5. Menghilangkan flek wajah

Khasiat yang terakhir adalah untuk menghilangkan flek pada wajah. Caranya ambillah beberapa daun yang masih muda, kemudian tumbuk sampai halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak.

Demikian beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan,semoga artikel ini dapat membantu anda.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan"