Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Tanaman jahe yang adalah merupakan rempah yang biasa di jadikan pilihan para ibu untuk bumbu masak. Jahe mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, karena jahe mempunyai kandungan senyawa yang berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.


Jahe atau nama latinnya yaitu Zingiber officinale adalah salah satu rempah yang berbentuk rimpan dan mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia.

Tanaman ijahe mempunyai  berbagai varietas yaitu :

• Jahe Gajah




Dinamakan jahe gajah  karena mempunyai bentuk yang  rimpang dan juga besar, tapi rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas seperti  jahe jenis lain. Jahe gajah mempunyai daging yang berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau juga di sebut jahe badan adalah merupakan varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.

• Jahe Kuning


Jahe kuning Merupakan salah satu jenis jahe yang sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil dari masakan yang diberi tambahan bumbu jahe ini akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran dari jahe kuning ini yaitu  rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan juga memiliki warna kuning.

• Jahe Merah


Untuk Jahe jenis ini, mempunyai banyak kandungan minyak atsiri yang paling banyak dibanding jahe jenis lain, karena jahe merah mempunyai rasa yang pedas maka  jahe merah banyak digunakan untuk bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Jahe merah ini rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.
Khasiat Jahe Untuk Kesehatan
Tanaman jahe dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, biasanya saat mendapat jatah ronda di kampung kampong banyak bapak bapak yang mengkonsumsi minuman jahe ini untuk menghangatkan tubuh. Maka banyak industri yang mengolah jahe untuk dikemas sebagai produk seperti kopi jahe atau wedang jahe bermerek.

Berikut ini adalah merupakan  manfaat jahe selain untuk menghangatkan tubuh:

1. Menurunkan berat badan

Untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh dapat menggunakan jahe yang sudah di extrak menjadi minuman. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

2. Menjaga kondisi jantung

Tanaman Jahe mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih didalam tubuh. Hal ini berguna untuk tubuh yang sudah banyak menyimpan kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Mengatasi mabuk perjalanan

Untuk mencegah mabuk perjalanan,dapat di atasi dengan meminum wedang jahe. karena tanaman jahe mempunyai sifat sebagai anti mual.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Tanaman jahe juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid.

5. Mengatasi morning sickness

Untuk Ibu hamil terkadang mengalami mual di pagi hari atau istilah populernya yaitu morning sickness hal ini di sebabkan karena pencernaan sedikit terganggu. Dengan meminum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur hal seperti itu dapat di atasi.
6. Mencegah kanker usus

Salah satu universitas di Amerika Serikat pernah menginformasikan bahwa rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).
7. Mengobati sakit kepala

Manfaat meminum wedang jahe dapat mengurangi stres yang berlebih yang dapat memicu terserang penyakit lain. Maka dari itu seusai bekerja coba bersantai sejenak di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, ini akan menjadikan otak lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.
8. Mengobati alergi

Tanaman jahe mempunyai kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.Karena tanaman ini juga bermanfaat sebagai anti alergi.
9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Untuk mengobati sakit seperti ini jangan langsung memberikan obat warung, cobalah untuk meminum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.
10. Mengobati penyakit rematik

Tanaman jahe juga bermanfaat untuk mengobati rematik, caranya yaitu dengan membakar dua rimpang jahe di atas api atau bara.  Kemudian di tumbuk sampai halus, dan terakhir silahkan aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tanaman jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau biasa di sebut dengan imun atau imunitas. Caranya dengan meminum wedang jahe secara teratur, karena jahe berguna sebagai antioksidan.

Beberapa Manfaat lain dari Tanaman jahe :

1. Obat radang sendi.

2. Pengontrol gula darah yang baik untuk penderita diabetes.

3. Menghilangkan gatal pada tenggorokan.

4. Melancarkan sistem peredaran darah

5. Membasmi bakteri atau zat berbahaya yang menginap dalam tubuh, khususnya bagian perut, usus dan lambung.

6. Menghalangi radikal bebas karena mengandung antioksidan kuat.

7. Obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh.

8. Mengobati migrain (sakit kepala sebelah).

9. Menghilangkan batuk berdahak dan kering.
10. Mengatasi masalah perut kembung akibat usus terkena iritasi.

11. Mengobati sakit gigi dengan cara berkumur.

12. Meringankan rasa nyeri ketika datang bulan.

13. Menghilangkan rasa nyeri pada otot akibat mengangkat beban berlebihan.

14. Mengatasi jerawat dengan mengaliri atau mengoleskan pada wajah.

15. Mengatasi peradangan hal ini bermanfaat untuk penderita arthritis dan osteorarthritis.

16. Mengobati luka terkena bisa ular.

Baca Juga : 6 Tanaman Yang Ampuh Mengobati Penyakit

Khasiat jahe untuk mengobati penyakit  secara alami tentu tidak lepas dari peran zat kimia yang terkandung di dalamnya. Dengan banyaknya gizi yang terkandung didalam tanaman rimpang ini, maka akan semakin banyak pula manfaat jahe untuk manusia.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman jahe, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"